• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 1 Oktober 2014
Sriwijaya Post

Bawaslu, Panwaslu dan Mahasiswa Sosialisasikan Pemilukada Palembang

Kamis, 4 April 2013 17:20 WIB
Bawaslu, Panwaslu dan Mahasiswa Sosialisasikan Pemilukada Palembang
SRIPOKU.COM/ANDI WIJAYA
Ketua Bawaslu Sumsel Andika Pranata Jaya tengah memberikan penjelasan kepada warga dalam kegiatan sosialisasi Pemilukada Kota Palembang.
SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Panwaslu Kota Palembang bersama mahasiswa Muhammadiyah, Bina Darma dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari perguruan tinggi di Palembang, Kamis (4/4/2013) membagikan bunga mawar, stiker dan selebaran ke tiga titik simpang jalan.

Kegitaan tersebut dilakukan agar pada Pemilu Walikota dan Wakil Walikota Palembang 2013 masyarakat Palembang menggunakan hak pilih karena itu merupakan pilihan yang paling bijaksana.

"Setiap warga negara yang sudah memiliki hak pilih punya tanggung jawab memilih pemimpinnya," ungkap Andika Pranata Jaya selaku Ketua Bawaslu Sumsel.

Ia mengatakan, hak pilih merupakan salah satu hak dasar warga negara, karena itu sangat disayangkan jika tak menggunakan hak pilih. Kesadaran masyarakat terhadap pelaksaan pemilukada menandakan dukungan terhadap pelaksana pemilukada dan demokrasi di Kota Palembang.

"Jadi dengan pembagian bunga, stiker dan selebaran ini simpang Jakabaring, Simpang Charitas dan Simpang Polda Sumsel, diharapkan masyarakat Palembang bisa memilih dan jangan sia-siakan satu hari untuk lima tahun kedepan," katanya.

Ditambahkan, warga Palembang yang tidak terdaftar dalam DPT, DPS, DPSHP, DPSHP Akhir dan DP4, tetap dapat mengunakan hak pilihnya dengan syarat tertentu.

"Hanya menunjukkan KTP dan kartu KK yang masih berlaku atau nama sejenisnya, penggunaan hak pilih tersebut hanya dapat dilakukan di pemungutan suara (TPS) yang berada di RT/RW atau nama sejenisnya sesuai dengan alamat yang tertera didalam KTP-nya, lalu sebelum mengunakan hak pilihnya, yang bersangkutan terlebih dahulu mendaftarkan diri pada KKPS setempat dan terakhir pemberiaan suara dilakukan dalam waktu 1 jam sebelum selesainya pemungutan suara di TPS," bebernya.

Sedangkan Ketua Panwaslu Palembang Hamrulah mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan agar pelaksaan pemilu Walikota dan Wakil Walikota Palembang tahun 2013 bersih, jujur dan adil.

"Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumsel mengajak seluruh warga Kota Palembang agar pengawas proses pemungutan, perhitungan, serta rekapitulasi perhitungan suara," ungkapnya.

Ditambahkannya, selain itu kepada warga Kota Palembang yang menemukan adanya politik uang, kehilangan hak pillih, dan pelanggaran dalam proses pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara agar melapor ke Panwaslu Kota Palembang.

"Laporan kepada Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Kota Palembang dengan hotline. 0711374233 atau 0813685500602. Laporan dapat juga disampaikan kepada Bawaslu Sumsel via SMS Centre Bawaslu Sumsel di 081271008388," katanya.
Penulis: Andi Wijaya
Editor: Soegeng Haryadi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
268242 articles 17 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas