Minggu, 21 Desember 2014
Sriwijaya Post

Pendaki Dempo yang Hilang Ditemukan Tewas dalam Kawah

Selasa, 2 April 2013 17:18 WIB

Pendaki Dempo yang Hilang Ditemukan Tewas dalam Kawah
IST
Ilustrasi
SRIPOKU.COM, PAGARALAM - Aswin (22), pendaki yang dinyatakan hilang di Puncak Gunung Dempo, Minggu (31/3/2013), akhirnya ditemukan Tim SAR, Selasa (2/4/2013) sekitar pukul 10.00.

Tubuh korban ditemukan telah mengapung di dalam kawah Gunung Api Dempo (GAD). Saat ditemukan, sudah terapung didalam kawah dengan kondisi tubuh tertelungkup.

Informasi yang dihimpun Sripoku.com, Selasa (2/4/2013), korban pada Sabtu (30/3/2013) melakukan pendakian kepuncak Gunung Api Dempo bersama 6 orang rekannya. Saat melakukan pendakian korban menghilang dan terpisah dari rombongannya saat akan turun kekawasan kawah GAD.

Mengetahui korban menghilang rekan korban lalu turun untuk memberitahukan kepada keluarga korban. Menerima kabar tersebut keluarga dibantu tim SAR langsung melakukan pendakian untuk mencari keberadaan korban. Setalah dilakukan pencarian sekitar tiga hari tim melakukan pencarian. Korban berhasil ditemukan dalam kondisi tewas mengapung dikawah gunung berapi.

Kondisi kawah yang mememiliki medan yang sangat berat serta dikhawatirkan menyeburkan gas beracun dan bisa membahayakan tim evakuasi. Maka berdasarkan hasil kesepakatan pihak keluarga bersama tim SAR, jasad korban tidak dievakuasi dan dibiarkan berada di dalam kawah GAD.  

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pagaralam, Herawadi melalui Kabid Kesiapsiagaan Bencana, Yusman Sohar mengatakan, pihak BPBD sudah berusaha mengevakuasi korban dengan mencoba turun ke bibir kawah.

"Kita sudah berusaha mencoba melakukan evakuasi. Namun karena kondisi cuaca dan medan yang sangat berat terpaksa usaha evakuasi dihentikan. Penghentian evakuasi sudah disetujui oleh pihak keluarga," ujarnya.
Penulis: Wawan Septiawan
Editor: Soegeng Haryadi

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas