• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 15 September 2014
Sriwijaya Post

Gunung Tangkuban Perahu Meletus, 1.500 Pedagang Dievakuasi

Kamis, 7 Maret 2013 09:17 WIB
Gunung Tangkuban Perahu Meletus, 1.500 Pedagang Dievakuasi
http://news.liputan6.com
Kawah Gunung Tangkuban Perahu.
SRIPOKU.COM, Lembang : Gunung Tangkuban Perahu di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, meletus dan sempat menyemburkan abu vulkanik. Letusan dari puncak Kawah Ratu yang menyemburkan abu vulkanik ini sempat terekam melalui video amatir petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Letusan yang disertai semburan abu vulkanik sejauh 200 ratus meter ke udara ini sempat membuat petugas dan warga, terutama pedagang yang berada di lokasi sekitar Kawah Ratu panik, Rabu (6/3/2013). Namun, letusan tidak berlangsung lama, hanya sekitar 10 menit, dan kini kondisinya sudah normal.

Selain itu, semburan abu vulkanik belum sampai ke permukiman warga yang ada di sekitar lereng gunung yang membelah 2 wilayah, yaitu Kabupaten Bandung Barat dan Subang. Hanya saja, sekitar 1.500 pedagang mulai dievakuasi dan meninggalkan Kawah Ratu karena lokasi dianggap berbahaya bagi keselamatan manusia.

Petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat, letusan gunung ini merupakan yang pertama sejak status dinaikkan dari normal menjadi waspada pada 22 Februari lalu.

Kini petugas gabungan bersiaga penuh untuk memantau kondisi gunung. Namun demikian, petugas mengimbau warga disekitar lereng gunung tidak panik. "Karena lokasi berbahaya berada di radius di bawah 1,5 kilometer dari bibir kawah atau lokasi letusan," jelas Kepala BPBD Bandung Barat, Maman Sulaeman.

Kini tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan setiap liburan akhir pekan ini sudah ditutup total. Sejauh ini belum dapat dipastikan kapan lokasi wisata ini akan buka kembali mengingat kondisi di Kawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu masih dalam status berbahaya bagi warga.(Sumber: Liputan6.com/Ado)
Editor: Bejoroy
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
247182 articles 17 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas