• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Sriwijaya Post

Penerimaan Pejabat Eselon Pemprov Sumsel Sistem Lelang

Selasa, 15 Januari 2013 17:10 WIB
SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) akan menerapkan sistem lelang pada penerimaan pejabat eselon I, II, III dan IV. Sistem lelang ini akan diterapkan tahun 2014 mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumsel, Muzakir, Selasa (15/1/2013) kepada wartawan mengatakan, tujuan sistem lelang ini untuk mendapatkan pejabat pemerintah yang memiliki kompetensi.

"Nanti untuk mengisi kekosongan pejabat Eselon I dan II dilakukan lelang ke seluruh Indonesia, sedangkan eselon III dan IV ditawarkan dalam lingkup Provinsi," jelasnya.

Menurutnya, calon pejabat yang memenuhi kriteria lelang akan mengikuti serangkaian tes seperti fit and profer test.

Hal ini bertujuan agar pejabat yang menduduki jabatan tersebut benar-benar profesional dan memiliki kompetensi di bidangnya.

Dengan adanya sistem ini, Muzakir menuturkan, Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan dimiliki Pemprov Sumsel di bidang yang dibutuhkan benar-benar SDM berkualitas dan memiliki daya saing tinggi. 

"Silahkan kepada para pegawai untuk mendaftar dan mengikuti tahapan seleksi," ujarnya seraya menegaskan penempatan pejabat di lingkungan pemerintah tidak boleh lagi ada sistem karena kedekatan ataupun keluarga, melainkan harus menggunakan sistem lelang kompetensi.

Muzakir menambahkan, untuk menjalankan sistem ini diperlukan koordinasi dengan berbagai pihak, diantaranya dengan badan pertimbangan jabatan dan pangkat (Baperjakat). Sebab Baperjakat, salah satu lembaga yang masih memiliki kredibel dalam menentukan pejabat sebelum diusulkan ke kepala daerah atau gubernur.

"Saat ini kami masih mempersiapkan ataurannya, penyusunan petunjuk teknis pelaksanaan sistem lelang dengan dasarnya UU Kepegawaian," paparnya seraya memperkirakan baru bisa terlaksana tahun 2014. 

Ditanya soal jabatan eselon II yang kosong seperti Asisten II Bidang Ekonomi saat ini, Muzakir mengaku sudah ada lima calon nama yang akan diusulkan. 

"Itu sudah kita usulkan, secepatnya akan ada penggantinya," tegas Muzakir.
Penulis: Tarso
Editor: Sudarwan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
211211 articles 17 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas