• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 24 Oktober 2014
Sriwijaya Post

Perempuan Melahirkan Tanpa Pertolongan

Jumat, 23 November 2012 19:31 WIB
SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG-Warga dusun 7 Desa Pematang  Panggang Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) digemparkan penemuan seorang perempuan hamil yang melahirkan anak tanpa pertolongan orang lain di lokasi kebun warga.


Menurut informasi, Jumat (23/11/2012) wanita hamil tersebut bersembunyi di  rumpun bambu yang rindang. Saat itu, ada warga yang hendak ke kebun dan  melihat perempuan yang sedang tersender di batang bambu dengan  berlumburan darah.


Ketika didekati, ternyata perempuan tadi baru saja melahirkan anak bayi perempuan diletakannya disamping kirinya.


Melihat keadaan perempuan yang sudah tak berdaya dan melihat tembuni masih berada dalam perut perempuan itu, si warga yang menemukannya langsung meminta pertolongan Ketua RT yang tak jauh dari lokasi penemuan perempuan yang melahirkan.


“Ketika saya melintas tak jauh dari batang bambu, saya melihat ada orang sedang terbaring. Lalu saya berhenti dan melihat perempuan yang sudah lemas, kemudian saya lihat disisi kirinya ada anak bayi yang berlumburan darah,” cerita Abas (45) petani yang menemukan perempuan melahirkan bayi di bambuan.


Setelah melihat bayi itu, Abas kemudian melaporkan ke Tua RT Joko. Secara kebetulan di rumah Pak RT tadi ada Camat Mesuji M Denin yang sedang bertamu. Lalu, dilaporkan langsung kepihak kepolisian dan akhirnya, perempuan yang melahirkan tadi dibawa ke Puskesmas Pematang Panggang guna pertolongan.


Camat Mesuji M Denin membenarkan, adanya penemuan perempuan yang sedang melahirkan di pinggir pohon bambu. Mengenai identitas perempuan tadi, Denin agak kesulitan, karena wanita yang melahirkan ini sepertinya kurang  sehat. Pandangan matanya tampak kosong dan ketika ditanya hanya bisa geleng-geleng kepala saja.


“Untuk sementara ini, perempuan itu dibawa ke puskesmas guna pertolongan lebih lanjut,” kata Denin seraya berucap mengenai kondisi kesehatan bayi dan ibunya sekarang ini dalam keadaan sehat.


Mengenai perawatan dan kondisi kesehatan dijelaskan dr Ade bahwa, pihaknya sudah memberikan perawatan kepada bayi dan ibunya, menurutnya keduanya dalam keadaan sehat.


"Umur ibu bayi tadi diperkirakan 30 tahun, sementara kalau kita melihat kondisi bayinya, dilahirkan sekitar pukul 03.00, dan baru ditemukan pukul 06.00,” ujar dr Ade.


Sementara itu, Kapolres OKI AKBP Agus F SH SIk melaluui Kapolsek Mesuji AKP H Dwi Handoko SH membenarkan, adanya penemuan seorang ibu-ibu yang baru saja melahirkan di pinggir pohon bambu. Dan sekarang keduanya dititipkan di rumah warga Desa Pematang Panggang.
Penulis: Mat Bodok
Editor: Hendra Kusuma
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
174701 articles 17 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas