Minggu, 23 November 2014
Sriwijaya Post

Setoran Pajak Kendaraan di Samsat Banyuasin Capai Rp 46,4 Miliar

Jumat, 28 September 2012 16:33 WIB

SRIPOKU.COM, PANGKALANBALAI – Masyarakat wajib pajak yang membayar denda pajak kendaraan di Kantor Samsat Kabupaten Banyuasin mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Sejak diberlakukan pemutihan denda pajak per 30 Agustus 2012 lalu, setidaknya pembayaran pajak denda yang dilakukan masyarakat di Kabupaten Banyuasin sudah mencapai Rp 46.417.699, atau sudah mencapai 80 persen dari yang ditergetkan.

"Sejak diberlakukannya Peraturan Gubernur (Pergub) No 29 Tahun 2012 tentang pemutihan denda tunggakan pajak kendaraan bermotor, masyarakat wajib pajak yang membayar denda pajak cukup tinggi," kata KUPTD Dispenda Kabupaten Banyuasin, H Marwan Konsuri SSOs MM kepada Sripoku.com, Jumat (28/9/2012).

Pencapaian angka tersebut cukup fantastis mengingat program pemutihan yang dilakukan serentak di seluruh Sumsel tersebut baru dilaksanakan satu bulan terakhir.

“Sejak diberlakukan 30 Agustus lalu, pembayaran pajak kendaraan mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan sebelum diberlakukannya program ini. Setidaknya sudah 80 persen pajak kendaraan yang mengalami keterlambatan denda sudah terbayarkan oleh wajib pajak,” jelasnya.

Diterangkannya, target untuk Kabupaten Banyuasin untuk program pemutihan denda pajak kendaraan ini mencapai kurang lebih Rp 57.864.226, dimana dengan target tersebut setidaknya mampu menyadarkan masyarakat untuk membayar pajak kendaraan yang mengalami keterlambatan.

“Program ini berlaku hingga 30 Juli 2013 mendatang, jadi bagi pemilik kendaraan yang mati pajak diatas 1 tahun, bisa menggunakan program ini. Karena, memang tujuan awal dari program ini yakni meringankan beban masyarakat yang pajak kendarannya nunggak di atas 1 tahun,” bebernya.

Pihak Samsat Kabupaten Banyuasin sendiri juga tidak terlalu bahagia dengan hasil yang didapatkan sejak diberlakukannya program ini, karena masih banyak pemilik kendaraan yang menunggak pembayaran denda di atas 1 tahun.
Penulis: Saifudin Zuhri
Editor: Sudarwan

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas