• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Sriwijaya Post

Ada Garuda di Mobil Agya

Selasa, 25 September 2012 09:47 WIB
Ada Garuda di Mobil Agya
Sripo/Welly
Mobil Agya yang dipamerkan dalam IIMS 2012
DISPLAY atau pameran mobil Toyota Agya pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 di Jakarta pada 20-30 September lalu, menjadi kejutan tersendiri bagi para pengunjung. Meskipun pada launching PT Toyota Astra Motor (TAM) belum menentukan harga jual, namun Agya memiliki ciri khusus yang mudah dikenal.

Wartawan Sripo yang diundang khusus Auto 2000 pada IIMS 2012, menyaksikan langsung peluncuran Toyota Agya. Pada kap city car itu, terdapat lambang
burung Garuda yang merupakan lambang negara Indonesia. Kalau pada dunia sepkabola istilah Garuda di Dadaku, tapi kini garuda ada di mobilku. Sementara untuk logo di belakang mobil, tetap memakai logo Toyota.

“Lambang burung Garuda, diharapkan dapat memacu pertumbuhan kendaraan buatan anak bangsa. Sehingga, bisa ikut bersaing dengan produk buatan luar negeri. Pastinya lambang Garuda berarti cinta dengan Indonesia,” ujar CF Tantriani, Marketing Communication (Marcom) Head Office Auto 2000.
Mengenai harga, Agya merupakan salah satu mobil murah yang ditawarkan pada IIMS 2012. Meskipun belum ada pernyataan resmi dari PT TAM, kisaran harga Toyota Agya diperkirakan antara Rp 80 juta-Rp 100 juta dengan tiga tipe yakni Toyota Agya TRD S, Agya G (high grade) dan Agya E (medium grade). “Jika tidak disubsidi, harga jual di pasaran bisa lebih tinggi dari estimasi yang ditawarkan. Tapi pastinya harga satu unit Toyota Agya dipatok di bawah harga Toyota Avanza yang kini dipatok Rp 146.750.000 (on the road DKI),” tambah Tantriani.

Marketing Director PT TAM Joko Trisanyoto mengatakan Agya merupakan program mobil murah dari PT TAM. Sehingga bisa disambut optimis masyarakat. Harga jual kendaraan dengan desain dan model buatan anak bangsa ini tak kalah dengan produk lainnya. Toyota Agya dikeluarkan bukan sebagai kompetitor atau pesaing bagi produk toyota sebelumnya.”Toyota Agya ini produk Indonesia, ada lambang burung garuda di bagian depan mobil. Sedangkan logo TAM di bagian belakang,” ujarnya.

Sampai saat PT TAM belum bisa mengeluarkan harga resmi untuk Toyota Agya dikarenakan masih menunggu aturan yang ditentukan pemerintah. Tapi kemungkinan berkisar Rp 100 juta. “Mengenai waktu untuk produksinya bagi konsumen, kita tunggu saja. Jadi IMSS 2012 hanya sebatas perkenalan Toyota Agya kepada masyarakat,” ujarnya.

Joko menambahkan, dari pembahasan bersama Menteri Perindustrian MS Hidayat, Toyota Agya merupakan mobil low cost green car (LCGC) yang diibaratkan seorang wanita hamil 9 bulan yang tinggal dilahirkan. “Jadi Toyota Agya ini, jika aturan sudah ada bisa langsung kita keluarkan. Pak menteri berharap agar mobil ini bisa dikeluarkan dalam waktu yang tidak lama lagi. Pastinya Toyota Agya memang diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin membeli mobil baru dengan harga terjangkau,” jelasnya.

Sementara itu dalam jumpa pers display Toyota Agya, Chief Enginer Toyota Agya Takeshi Matsuda mengungkapkan, kehadiran Agya ini sebagai pertimbangan customer dalam memenuhi kebutuhan dan keperluannya berkendara. Agya merupakan mobil keluarga, hemat dan dengan harga terjangkau. Agya --diambil dari bahasa Indonesia--berarti kecepatan.

“Saat ini banyak anak muda menggunakan motor, angkutan umum, sepeda dan kendaraan lainnya, dengan adanya Agya ini mereka bisa memilih alternatif yang lebih baik,” ujarnya.

Sedangkan Vice President Toyota Motor Corp Yukitoshi Funo mengungkapkan, Toyota selalu memperhatikan perkembangan dunia otomotif di Indonesia. Hasil di Indonesia luar biasa, pertumbuhannya sangat besar. Populasi yang mencapai 240 juta orang menandai prospek yang sangat besar. Perekonomian Indonesia tak diragukan dan akan terus tumbuh besar di masa mendatang.

“Kedepannya, pihaknya akan menjangkau pelanggan lebih luas lagi. Akan kita siapkan empat model terbaru dalam empat tahun mendatang dan meningkatkan produksi menjadi 300 ribu unit di masa mendatang. Namun, apa saja empat model baru Toyota nantinya, saat ini belum bisa diungkapkan,” jelasnya. (welly hadinata)
Penulis: admin
Editor: Bedjo
Sumber: Sriwijaya Post
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
138602 articles 17 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas