Kamis, 27 November 2014
Sriwijaya Post

Tujuh Fraksi DPRD Muba Sampaikan Pandangan Umum LKPJ 2011

Rabu, 15 Agustus 2012 15:26 WIB

Tujuh Fraksi DPRD Muba Sampaikan Pandangan Umum LKPJ 2011
DOK. HUMAS PEMKAB MUBA/ERWAN
Bupati Muba Pahri Azhari saat menerima laporan dari pemandangan umum fraksi-fraksi di DPRD Muba.
SEKAYU, RABU (15/8/2012) - DPRD Kabupaten Musi Banyuasin menggelar Rapat Paripurna Masa Persidangan II Rapat ke-2 dengan agenda mendengarkan pandangan umum fraksi-fraksi dewan terhadap Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Pemerintah Kabupaten Muba Tahun Anggaran 2011 yang telah disampaikan Senin 13 Agustus 2012 lalu.

Rapat tersebut dihadiri Bupati Muba H Pahri Azhari, Wakil Bupati Muba Beni Hernedi, Ketua DPRD Muba H Uzer Effendi beserta jajaran anggota DPRD Muba, pimpinan SKPD, LSM, Media dan masyarakat.

Selain memberikan apresiasi terhadap keberhasilan Pemkab Muba dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), fraksi-fraksi DPRD Muba juga memberikan masukan, saran serta kritikan yang bersifat membangun kepada Pemkab Muba dalam bentuk pandangan umum fraksi.

Adapun poin penting yang disampaikan dalam pandangan umum fraksi-fraksi tersebut diantaranya meminta pemerintah Kabupaten Muba untuk lebih pro aktif mencari serta menciptakan sumber Pendapatan Asli daerah (PAD) alternatif, agar tidak ketergantungan terhadap dana bagi hasil Migas yang merupakan sumber daya alam tidak terbarukan, mengevaluasi kinerja seluruh SKPD dan mematangkan proses perencanaan program pembangunan untuk mengurangi besaran Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) yang terjadi.

Selain itu pemkab juga diminta untuk terus mengoptimalkan pembangunan infrastruktur jalan dalam Kabupaten Muba, optimalisasi pengelolaan aset daerah agar dapat memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK, serta melakukan efesiensi anggaran sesuai dengan asas manfaat, pelaporan yang konkret dan nilai tambah terhadap aset daerah, guna menuju PERMATA MUBA 2017.

Beberapa hal tersebut merupakan pandangan umum yang disampaikan juru bicara Fraksi PDI Perjuangan Ismawati SE, Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) Sugondo dan Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Zulfahmi ZA.

Sementara itu juru bicara Fraksi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Paimin, Fraksi Demokrat Iin Febrianto, Fraksi Penegak Demokrasi Nurani Rakyat (PDNR) Astawielah D dan Fraksi Kebangkitan Reformasi Rakyat Nasional (KRRN) Parlindungan Harahap SH dalam pandangan umum fraksinya juga menanyakan soal SILPA, serta menyarakan agar pemkab Muba dapat meningkatkan PAD dari sektor lain agar tidak terlalu mengandalkan dana bagi hasil Migas.

Dengan telah disampaikannya pandangan umum fraks fraksi Dewan, diharapkan dapat menjadi masukan bagi Bupati Musi Banyuasin dalam rangka menyusun dan menjawab pandangan umum fraksi Dewan yang akan disampaikan pada hari Jum’at 24 Agustus 2012 mendatang. 

Penulis:
Ria
Staf Humas Pemkab Muba
Editor: Soegeng Haryadi

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas