Trans Musi Ditambah 60 Unit

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, menargetkan tambahan 60 unit bus Trans Musi hingga akhir masa jabatan

Trans Musi Ditambah 60 Unit
Sripo/Anton
Ilustrasi.
PALEMBANG, SRIPO — Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, menargetkan tambahan 60 unit bus Trans Musi hingga akhir masa jabatan Walikota Palembang H Eddy Santana Putra 2013 mendatang. Saat ini upaya penambahan tersebut masih dalam proses administrasi dan diperkirakan awal 2013 mendatang sudah dimulai secara bertahap.

Penambahan bus ber AC tersebut guna mengakomodir tuntutan konsumen, yang terus meminta agar bus angkutan kota tersebut ditambah. Mengingat jumlah yang ada sekarang belum mencukupi. Warga umumnya sudah jenuh dengan bus kota yang ada, yang dinilai tidak layak, bahkan tidak nyaman. “Saya kalu naik bus kota ada rasa was-was, apalagi kalau sopirnya jalannya ngebut,” kata Emi, ibu rumah tangga.

Dirut PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J), Bahder Djohan usai menerima kunjungan rombongan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, Riau, Senin (30/7) mengatakan, sebetulnya jumlah yang ada saat ini sudah cukup ideal, karena masih ada angkutan umum lain seperti bus kota. “Tapi kita harus mempersiapkan, karena izin angkutan yang ada ini berakhir 2017. Jika ini terjadi, Trans Musi harus ditambah,” ujarnya.

Menurut Bahder, setiap kali berbicara tentang manajemen dan organisasi angkutan umum berupa Trans Musi, maka Palembang selalu dinilai terbaik di Indonesia. Ini pula yang memicu banyaknya daerah lain yang melakukan studi banding ke Bumi Sriwijaya terkait angkutan massal ini. Disebutkan, dalam tiga tahun saja Palembang sudah memiliki 120 unit BRT Trans Musi. Sedangkan Pekanbaru sejak launching hingga saat ini tidak bertambah dari 20. Itu pun belum termasuk yang tidak beroperasi karena rusak dan sebagainya.

“Kita malah akan kembali menambah mobil untuk menjangkau kawasan-kawasan yang dibutuhkan. Seperti SMB II mungkin akan kita tambah, itu masih kita pikirkan,” katanya seraya menambahkan, sedang merancang Trans Musi dari bandara langsung masuk pusat kota.

Dipuji Pekanbaru
Pujian terhadap keberhasilan Palembang dalam mengembangkan sistem penataan transportasi masal diungkapkan langsung Sekda Pekanbaru, Yuzamri Yakub dan Kadishub Pekanbaru, Dedy Gusriadi. Yuzamri mengatakan, kunjungannya kal ini semata-mata ingin belajar bagaimana mengelola manajemen dan organisasi Trans Musi. Sebab, menurut dia, sejauh ini Palembang masih yang terbaik untuk urusan transportasi massal.

“Kita ingin belajar, bagaimana sih manajemennya. Bagaimana pula organisasinya, dan tentu banyak hal. Termasuk bagaimana mempersiapkan transportasi ini untuk mendukung PON di Riau nanti,” ungkapnya.

Mendapat pujian, tidak lantas membuat Bahder tinggi hati. Ia mengatakan, meski terbilang cukup berhasil, namun masih sangat banyak pelayanan yang harus ditingkatkan untuk memberikan rasa kenyamanan bagi masyarakat. Tidak hanya di dalam kota, tetapi juga meliputi akses ke luar kota seperti Banyuasin dan Indralaya.

Dikatakan saat ini, sudah ada lima unit Trans Musi yang melayani rute menuju Pangkalan Balai (Banyuasin). Jumlah tersebut tentu tidak cukup, mengingat permintaan dari masyarakat juga semakin banyak. Sayangnya, itu belum bisa direalisasikan karena masih terbatasnya halte yang disiapkan pemerintah setempat. “Ya sebenarnya Dishub setempat bisa mengusulkan ke Pemda untuk membuat halte. Dengan begitu bisa kita upayakan penambahan Trans Musi lagi,” tandasnya.

Berbeda dengan rute menuju Indralaya, kata Bahder. Saat ini sudah disiapkan 12 unit Trans Musi untuk melayani masyarakat yang bepergian Palembang-Indralaya dan sebaliknya. Terutama para mahasiswa yang membutuhkan angkutan untuk berangkat kuliah menuju Unsri Indralaya. “Karena masih suasana libur, sekarang baru kita operasikan lima unit. Nanti setelah libur kita akan tambah lima lagi, dan jika masih kurang memadai kita tambah lagi,” katanya. (mg1)

Penulis: admin
Editor: Bedjo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved