A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

2013, PALI dan Muratara Jadi Kabupaten Baru - Sriwijaya Post
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 25 April 2014
Sriwijaya Post

2013, PALI dan Muratara Jadi Kabupaten Baru

Jumat, 15 Juni 2012 21:51 WIB
2013, PALI dan Muratara Jadi Kabupaten Baru
SRIWIJAYA POST/EKO ADIASAPUTRO
Ganjar
SRIPOKU.COM, PALEMBANG-Dua kabupaten di Sumsel, disebut-sebut bakal dimekarkan pada 2013 mendatang. Kabupaten dimasud, yaitu Kabupaten Panungkal Abab Lintang Ilir (PALI) dari Muara Enim dan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dari Musi Rawas.

Namun, Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ganjar Pranowo mengatakan rencana tersebut bisa saja gagal jika tidak memenuhi persyaratan.

Ganjar mengatakan, pemekaran daerah itu bukan suatu hal yang mudah. Komisi II DPRD juga harus bekerja dengan hati-hati dan sangat teliti. Sebab banyak kepentingan terkait hal ini. Bisa jadi ini karena faktor
konflik atau ada yang menunggangi.

“Ya mudah-mudahan karena memang didasari keinginan untuk mensejahterakan masyarakatnya,” kata Ganjar, saat menggelar pertemuan dengan pejabat Pemprov Sumsel di ruang rapat Bina Praja, Jumat (15/6/2012).

Dikatakan, secara umum dua calon kabupaten baru ini sudah memenuhi persyaratan administratif. Baik itu menyangkut jumlah minimal kecamatan, desa, maupun penduduk yang berdomisili di sana. Selain itu, batas wilayah dan persetujuan dari bupati kabupaten induk, serta persetujuan DPRD masing-masing sudah terpenuhi.

“Saat ini ada 71 kabupaten yang mengajukan permohonan untuk melakukan pemekaran ke DPR RI. Kita tidak bisa sembarangan. Sebab fokus utama adalah kesejahteraan rakyat. Kalau tidak buat apa  dimekarkan,” kata Ganjar, seraya menyatakan dalam dua hari ini akan  meninjau lokasi dan berdiskusi dengan bupati daerah yang akan dimekarkan.

Sementara itu, Ketua Presedium Muratara, M Syarkowi Wijaya  mengatakan, pihaknya telah mengajukan pemekaran wilayah sejak puluhan tahun lalu.

Namun selalu ditolak karena tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan. Namun berbeda dengan saat ini. Seluruh persyaratan sudah siap, termasuk peta batas wilayah dan lainnya.

Menurutnya, proses pengesahan Muratara ini tidak akan lama lagi. Sebab pada 21 Juni mendatang akan dilakukan rapat antara Komisi II DPR dengan pemerintah pusat dan pihak terkait. Selanjutnya, pada 9 Juli akan dilakukan laporan Panja dan pendapat akhir fraksi dan penandatanganan draf RUU. Berikutnya, 11-12 Juli akan digelar sidang paripurna pengesahan hak-hak inisiatif. Jika ini disetujui, maka akan ada sidang paripurna pada Desember mendatang.

“Januari 2013, sudah ada Plt dan setahun kemudian aka nada Pemilukada,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumsel mengatakan, Pemprov Sumsel hanya berfungsi sebagai penampung aspirasi dan menertibkan administrasi.

Sehingga dalam pengajuan ke DPR RI dapat dilakukan dengan baik. Berdasarakan data yang ada, persayaratan dasara yang harus dipenuhi telah dilakukan yakni di Kabupaten Marutara telah terdapat 7 kecamatan, 83 desa, dan 179.332 penduduk.

Sedangkan di Kabupaten PALI terdapat 5 kecamatan, 66 desa, dan 179.834 penduduk.

“Persayaratan minimal telah terpenuhi. Jadi saat ini yang harus dilakukan adalah menjaga kondisi di masyarakat agar tidak terjadi gejolak ke depannya,” ujar Eddy.
Penulis: Eko Adiasaputro
Editor: Hendra Kusuma
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
120549 articles 17 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas