Senin, 25 Mei 2015

2013, PALI dan Muratara Jadi Kabupaten Baru

Jumat, 15 Juni 2012 21:51

2013, PALI dan Muratara Jadi Kabupaten Baru
SRIWIJAYA POST/EKO ADIASAPUTRO
Ganjar

Namun, Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ganjar Pranowo mengatakan rencana tersebut bisa saja gagal jika tidak memenuhi persyaratan.

Ganjar mengatakan, pemekaran daerah itu bukan suatu hal yang mudah. Komisi II DPRD juga harus bekerja dengan hati-hati dan sangat teliti. Sebab banyak kepentingan terkait hal ini. Bisa jadi ini karena faktor
konflik atau ada yang menunggangi.

“Ya mudah-mudahan karena memang didasari keinginan untuk mensejahterakan masyarakatnya,” kata Ganjar, saat menggelar pertemuan dengan pejabat Pemprov Sumsel di ruang rapat Bina Praja, Jumat (15/6/2012).

Dikatakan, secara umum dua calon kabupaten baru ini sudah memenuhi persyaratan administratif. Baik itu menyangkut jumlah minimal kecamatan, desa, maupun penduduk yang berdomisili di sana. Selain itu, batas wilayah dan persetujuan dari bupati kabupaten induk, serta persetujuan DPRD masing-masing sudah terpenuhi.

“Saat ini ada 71 kabupaten yang mengajukan permohonan untuk melakukan pemekaran ke DPR RI. Kita tidak bisa sembarangan. Sebab fokus utama adalah kesejahteraan rakyat. Kalau tidak buat apa  dimekarkan,” kata Ganjar, seraya menyatakan dalam dua hari ini akan  meninjau lokasi dan berdiskusi dengan bupati daerah yang akan dimekarkan.

Sementara itu, Ketua Presedium Muratara, M Syarkowi Wijaya  mengatakan, pihaknya telah mengajukan pemekaran wilayah sejak puluhan tahun lalu.

Namun selalu ditolak karena tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan. Namun berbeda dengan saat ini. Seluruh persyaratan sudah siap, termasuk peta batas wilayah dan lainnya.

Halaman12
Penulis: Eko Adiasaputro
Editor: Hendra Kusuma
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas