Jumat, 28 November 2014
Sriwijaya Post

Jika Irama Jantung Tak Teratur, Waspadai Stroke!

Selasa, 29 Mei 2012 08:00 WIB

Jika Irama Jantung Tak Teratur, Waspadai Stroke!
IST
Ilustrasi
SRIPOKU.COM - Setiap orang harus waspada jika denyut jantung  sering tidak teratur atau bahkan ada denyut yang hilang, karena ternyata bisa saja hal itu merupakan gangguan irama jantung yang berpotensi untuk memicu serangan stroke.

Dalam sebuah paparan tentang bahaya gangguan irama jantung yang dapat diderita oleh siapapun itu , Kepala Divisi Aritmia di Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, dr. Yoga Yuniardi, SpJP(K) mengatakan kejadian stroke yang sering tidak diketahui penyebabnya bisa disebabkan oleh fibrilasi atrium (salah satu jenis gangguan irama jantung) yang tidak terdeteksi sebelumnya.

“Secara teknis stroke disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke otak, sehingga fungsi otak bisa hilang sebagian atau seluruhnya secara cepat,” kata Yoga dalam sebuah seminar di Jakarta.

Hal itu dimungkinkan karena pada jenis stroke iskemik (non-hemoragik), bekuan darah yang terbentuk pada pembuluh darah (trombosis) atau pada tempat lain dan mengikuti aliran darah (emboli) yang juga menyuplai darah ke jaringan otak.

“Berbeda dengan penderita stroke hemoragik, yang disebabkan oleh robeknya dinding pembuluh darah akibat perdarahan di otak atau pada permukaan otak, kasus ini hanya diderita oleh sekitar 15 – 20 persen penderita,” kata Yoga.

Saat ini ada sekitar 10-15 juta penderita gangguan irama jantung (fibrilasi atrium) yang seluruhnya berpotensi terkena stroke dengan resiko yang terus meningkat seiring bertambahnya usia, katanya.

Menurut Riset Kesehatan Dasar Kemenkes 2007, stroke sendiri merupakan penyebab kematian terbesar penduduk Indonesia berusia lebih dari 5 tahun, yaitu 15,4 persen dari jumlah kematian penduduk Indonesia dengan rata-rata kejadian stroke di 33 propinsi di Indonesia sebesar 0,8 persen dengan kisaran 1,66 persen di Aceh dan 0,38 persen di Papua. (sehatnews.com)
Editor: Soegeng Haryadi

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas