• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Sriwijaya Post

Meneladani Sifat-sifat Rasulullah

Minggu, 5 Februari 2012 23:01 WIB
Meneladani Sifat-sifat Rasulullah - MAULID.JPG
SRIPOKU.COM/ZAINI
KH Irfan Soleh Hasbullah memberikan tausiah pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Agung SMB II Palembang, Minggu (5/2) malam.
Meneladani Sifat-sifat Rasulullah - MAULID1.JPG
SRIPOKU.COM/ZAINI
Jemaah Masjid Agung SMB II Palembang mendengarkan tausiah pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Agung SMB II Palembang, Minggu (5/2) malam.
SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Senandung tilawah yang dibacakan salah satu qori terbaik Sumatera Selatan (Sumsel) menggetarkan semangat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1433 H di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Minggu (5/2) malam.

Tanda-tanda kebesaran Allah yang tertuang dalam kitab suci Alquran disampaikan melalui lisan terlatih, penuh perjuangan dan napas panjang.

Lengkingan suara ayat suci yang dikemas dalam berbagai nada Islami, seakan mengingatkan ribuan telinga yang mendengar untuk kembali dan tetap berada di jalan-Nya.

Peringatan Maulid Nabi ini, menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan di Masjid Agung Palembang. Antusiasme warga yang datang, kerap membuat sesak ruang masjid yang berkapasitas sekitar 9 ribu orang ini.

Siapa yang cepat datang, maka dia bisa berada di depan. Sebaliknya yang terlambat, harus siap duduk bagian belakang atau bahkan berdiri di teras atau di bundaran air mancur tengah jalan.

Peringatan kelahiran nabi akhir zaman, Muhammad SAW tahun ini dikemas dalam bentuk sederhana tanpa mengurangi esensi dari anjuran meneladani Rasulullah Muhammad SAW.

Untuk acara puncak, peringatan maulid diisi dengan tausiah atau ceramah agama yang disampaikan KH Irfan Soleh Hasbullah, pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambak Beras, Jombang, Jawa Timur.

Hadir pada kesempatan malam yang mulia itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Sumsel Yusri Efendi, Wakil Walikota Palembang Romi Herton, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Povinsi Sumsel H Najib Haitami, dan tentu saja para sesepuh, tokoh agama, alim ulama juga ustaz dan ustazah.

Mengawali tausiahnya KH Irfan Soleh mengingatkan kaum muslimin untuk tetap berada di jalan Allah sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW. Selanjutnya ia mengajak jemaah yang hadir senantiasa meneladani sifat-sifat rasul yang jujur, amanah, dan komitmen berjuang di jalan Allah.

Dikatakan, pembangunan fisik tidak ada artinya tanpa faktor didukung pemahaman agama yang mengacu pada keteladanan Nabi Allah. Karenanya, beberapa cara bisa dilakukan untuk mendekatkan diri kepada sang junjungan (Muhammad), salah satunya dengan diskusi bersama para para ulama sebagai pewaris para nabi. Sebab dari ulama umat bisa belajar banyak mengenai keteladanan yang terdapat dalam diri Rasulullah.

“Tidak ada gunanya pembangunan fisik yang maju dan bangunan masjid yang megah, jika tidak diringi dengan sikap dan perilaku yang sesuai tuntunan rasulullah SAW,” ujar ustad Irfan di pengujung tausiah atau ceramahnya.
Penulis: Eko Adiasaputro
Editor: Sudarwan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas