Alex Terima Golden Governor

Inspirator Daerah Lain

Dianggap berhasil memajukan Sumatera Selatan

Inspirator Daerah Lain
Sripo/Sts
Alex Noerdin
JAKARTA, SRIPO — Dianggap berhasil memajukan Sumatera Selatan dari berbagai sektor, H Alex Noerdin dianugeragi penghargaan Man of The Year Golden Governor Newsmakers 2011 oleh Rakyat Merdeka Online, di Balai Sudirman, Jakarta Selatan dalam acara, Minggu (29/1). Rakyat Merdeka menilai, langkah Alex dalam memajukan Sumsel menjadi inspirator bagi daerah lain untuk mengikuti jejak Alex.

Selain Alex Noerdin, ada pula beberapa orang yang menerima penghargaan. Andi Mallarangeng meraih penghargaan Underpressure Newsmaker, Fadel Muhamad (Independent Newsmaker), Andi Arif (Creative Newsmaker), Djoko Susilo (Golden Ambassador), Hary Tanoesoedibyo (Unpredictable Newsmaker), Kemas Danial (Small Enterprise Defender dan Rinaldi Frimansyah (Golden Engeeneur).

Sedangkan untuk kategori RMOL Inspiration Award diberikan kepada Firman Abadi (pekerja Sosial), Oktavianus Maniani, Titus Bonai dan Patrich Wanggai (Pemain Timnas), Prita Kemal Gani,  dan Sabar Gorky. RMOL Lofetime Achievement diberikan kepada Adnan Buyung Nasution SH, Brigjend (purn) Soemarno Soedarsono dan Pratiwi Pujilestari Sudarmono.

Teguh Satoso, Direktur Utama Rakyat Merdeka dalam sambutanya mengungkapkan, penilaian yang dilakukan oleh tim berdasarkan kinerja dan terobosan yang dilakukan oleh masing-masing nominator. Dan Alex Noerdin dianggap mampu memberikan  kontribusi yang besar bagi perkembangan bangsa, terutama di Sumatera Selatan.

Rakyat Merdeka menilai, sejak menjabat sebagai Gubernur Sumatera Selatan tahun 2008, Alex berhasil mengembangkan Sumsel. Dari laporan Bank Indonesia, pertemumbuhan ekonomi Sumsel tahun 2011 meningkat. Produk Domestik  Bruto (PDB) Sumsel menjadi 6,1 persen atau lebih tinggi dari triwulan pertama sebesar 5,9 persen dan triwulan kedua besarnya 6 persen.

Pesatnya pertumbuhan ekonomi Sumsel bukan saja ditopang dengan suksesnya penyelenggaraan Sea Games, namun juga ditopang oleh sektor agraria, khususnya padi. Sumsel surplus beras dengan menyumbang seperempat total produksi beras nasional. Dan karena keberhasilan itu, tahun 2010 Alex mendapat penghargaan Peningkatan Produksi Beras Nasional.

Kunci keberhasilan Alex Noerdin adalah membuka peluang investasi. Bahkan tahun n2011 Sumsel ditetapkan Badan Kordinasi Penanaman Modal sebagai provinsi terbaik kedua setelah Jawa Timur dalam program Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Bidang Pelayanan dan Perizinan Penanaman Modal.

Perlindungan dan pengembangan kualitas bidang lain juga di pelopori Alex. Sejak menjadi Bupati Musi Banyuasin, Alex memberikan bantun hukum kepada warga yang tidak mampu dengan bekerjasama Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Sumsel. Ada  pula kepeloporan pendidikan gratis dan pengobatan gratis serta  bea siswa tenaga pendidik.

Dalam meminimalisir konflik akibat sengketa tanah juga mampu diatasi Alex Noerdin dengan baik, berupa pemberian program Sertifikat Tanah secara gratis bagi warga yang tidak mampu, termasuk memberikan kemudahan akses kepada masyarakat dalam mengurus dokumen seperti akta lahir, KTP, KK dan dokumen lain secara gratis.

Kepeloporan Alex Noerdin dalam bidang keluarga Berencana juga patut mendapat acungan jempol. Beberapa program yang pro rakyat seperti KB gratis, Melahirkan gratis, menikah gratis dan khitan gratis menunjukkan bahwa Alex Noerdian sangat peduli dengan masyarakatnya.

Maka tak heran, jika Rakyat Merdeka menjulukinya sebagai Sang pelopor,  khususnya dalam memelopori sekolah gratis dan kesehatan gratis bagi warganya yang kemudian ditiru oleh provinsi lain. “Alex Noerdin salah satu Gubernur terbaik di Indonesia, banyak programnya yang kemudian diikuti oleh provinsi lain,” kata Teguh.
 (rel/mg1)

Penulis: admin
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved