Gapura Angkasa Lakukan Peremajaan Armada

PT Gapura Angkasa melakukan peremajaan beberapa peralatan untuk mensupport kelancaran penerbangan.

Gapura Angkasa Lakukan Peremajaan Armada - 9lavato.jpg
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Salah satu peralatan Lavatory Service Truck yang mendapat peremajaan di PT Gapura Angkasa Cabang Palembang.
SRIPOKU.COM, PALEMBANG - PT Gapura Angkasa, selaku perusahaan jasa ground handling di Bandara International SMB II Palembang melakukan peremajaan beberapa peralatan untuk mensupport kelancaran penerbangan.

"Kita baru mendapat suport dari pusat berupa peremajaan peralatan GSE. Seperti Lavatory Service Truck, BTT (Baggage Towing Tractor) dan BCL (Baggage Conveyor Loader)," ungkap GM PT Gapura Angkasa Cabang Palembang, Heru Dibyo R, Kamis (26/1/2012).

Menurut Heru, bantuan peralatan baru ini masing-masing satu unit dari PT Gapura Angkasa pusat. Selain itu juga mengirimkan dua orang untuk training ke pabrik Weihai Guangtai di Cina dan 1 orang untuk training ke Sanghai untuk BTT. 

"Selama ini kita sudah ada peralatan. Hanya ini untuk peremajaan mengingat usia. Diharapkan dengan peremajaan peralatan ini akan menambah prestise Gapura itu sendiri," ujar Heru.

Gapura Angkasa Palembang sendiri memiliki 21 karyawan dan 114 tenaga outsourcing dan 10 security dalam menunjang aktivitas tugas Gapura selaku jasa groundhandling.  

Lavatory Service ini adalah kendaraan yang digunakan untuk menguras dan membersihkan toilet pesawat. Kendaraan lavatory service kosong dan mengisi dari lavatories onboard aircraft, kotoran yang tersimpan di tangki, kemudian dibersihkan dengan kendaraan ini, setelah tangki dibersihkan kemudian diberikan campuran air dengan disinfecting concentrate, biasa disebut blue juice.

Untuk lavatory service buangan limbahnya harus memenuhi standar yang telah ditentukan. Namun demikian ada hal-hal yang harus diperhatikan oleh operator lavatory service. Untuk pesawat tertentu, intake fan (kipas hisap) diminta untuk tidak dioperasikan selama proses lavatory service, untuk mencegah bau kurang sedap dari lavatory.

Regulasi untuk pembuangan limbah hendaknya memenuhi aturan yang telah ditetapkan, hal ini dimaksudkan untuk mencegah penyebaran penyakit. Operator lavatory service hendaknya tidak mengoperasikan water service dalam waktu yang bersamaan.

Operator hendaknya berpakaian rapi dan bersih, demikian juga kendaraannya, hal ini untuk menampilkan citra bahwa yang bersangkutan tersebut memahami tentang pentingnya kebersihan.

Kendaraan lavatory service diharapkan tidak diparkir berdampingan dengan kendaraan water service. Tindakan untuk mencegah terjadinya kebocoran/leakage setelah pengisian/ flushing lavatory. Setelah drain valve ditutup dengan cara memutar drain valve berlawanan arah jarum jam, pasangkan “donut plug” jika ada.

Apabila donut plug tidak ada, maka harus segera melaporkan ke petugas teknik/ engineer pesawat udara yang bertugas pada saat itu. Apabila donut plug sudah terpasang, maka toilet service panel harus ditutup dengan semestinya sesuai ketentuan (properly).

BTT (Baggage Towing Tractor) yang dipakai untuk mengangkut bagasi tersebut ke dalam compartment pesawat maupun sebaliknya. Baggage Towing Tractor itu sendiri merupakan tractor yang digunakan untuk menarik pallet dolies,container dolis dan gerobak untuk mengangkut bagasi-bagasi yang ada.

Jika bagasi yang diangkut tidak sesuai dengan tujuan dalam baggage claim tag yang di tempelkan pada bagasi maka saat penumpang yang memiliki bagasi tersebut bisa dilaporkan ke bagiann lost and found di bandara tujuan. Sedangkan Belt Conveyor Loader, berfungsi untuk menurunkan dan menaikkan bagasi atau cargo.

Groundhandling ini sendiri penanganan atau pelayanan terhadap para penumpang berikut bagasinya, kargo, pos, peralatan pembantu pergerakan pesawat di darat dan pesawat terbang itu sendiri selama berada di Bandara, untuk keberangkatan (Departure) maupun untuk kedatangan atau kedatangan. 

Peralatan yang digunakan untuk melayani pesawat terbang sebelum keberangkatan maupun setelah tiba di bandara, dinamakan ground support equipment karena peralatan groundhandling ini dapat mendukung operasi pesawat ketika berada di darat. Adapun fungsi umum dari peralatan ini meliputi ground power operations, aircraft mobility, dan loading operations (penumpang dan barang). 
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Soegeng Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved