Sabtu, 29 November 2014
Sriwijaya Post

Penunjuk Jalan Saat Tersesat

Senin, 2 Januari 2012 22:00 WIB

Penunjuk Jalan Saat Tersesat
SRIWIJAYA POST/ISWAHYUDI
Penunjuk arah
SRIPOKU.PALEMBANG-Erni (23), warga Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Senin (2/1/2012), terlihat bingung saat turun dari bus di Jl Jendral Ahmad Yani dekat Pos Polisi. Ternyata, ia baru pertama kali  datang ke Palembang untuk menemui salah seorang keluarganya di kawasan Plaju.

Kebetulan, handphonenya mati karena kehabisan baterai, sehingga  ia tidak bisa menghubungi keluarganya.

"Tadi sempat bingung karena tidak tahu arah, terus ada lihat papan penunjuk arah itu  dari kejauhan, rupanya ada penunjuk arah ke Plaju, jadi saya ikut  arahnya," jelas dia.

Sebelumnya, ia sudah bertanya terlebih dahulu kepada seorang  anggota Polantas yang ia lihat saat turun dari bus. Ia  menuturkan, penunjuk arah tersebut cukup membantu. Walaupun ia tidak sengaja melihatnya saat kebingungan ingin naik kendaraan  umum jenis apa menuju Plaju.

Beberapa hari terakhir, ada yang berbeda di seputaran simpang empat lampu merah Jakabaring. Kalau teliti melihat kiri dan kanan jalan, maka akan ada plang penunjuk arah berwarna hijau yang baru  saja dipasang.

Pantauan sripoku.com, ada empat plang penunjuk arah yang dipasang di pinggir jalan. Salah satunya di Jl Brigjen Ryacudu dekat pos polisi. Penunjuk jalan ini, dicat berwarna hijau tua dengan  lis berwarna emas.

Pada bagian atasnya, tertulis beberapa tempat umum yang bisa dituju sebagai penunjuk arahnya pada plat aluminium yang sudah dituliskan beberapa tempat seperti RS Muhammadiyah, Universitas  Muhammadiyah, Universitas PGRI bahkan Puskesmas. Di tiap tiang  penunjuk arah, paling tidak ada 12 hingga 16 tempat yang ditunjuk.

Uniknya, pada bagian tiang bawahnya berukiran songket dengan  warna emas, sehingga terlihat unik dan khas Palembang. Ternyata,  penunjuk arah tersebut juga dipasang di dekat pusat perbelanjaan International Plaza (IP). Diharapkan, penunjuk arah yang baru tersebut bisa membantu masyarakat yang baru tiba di Palembang agar tidak tersesat.
Penulis: Iswahyudi
Editor: Hendra Kusuma

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas