Jumat, 19 Desember 2014
Sriwijaya Post

Kemenag Sumsel Luncurkan Siskohat Online

Minggu, 10 Juli 2011 18:43 WIB

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Besok, Senin (11/7/2011), Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel meluncurkan  layanan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) online di 14 kabupaten/kota.

Informasi yang dihimpun Sripoku.com, Minggu (10/7/2011), peresmian Siskohat online dipusatkan di Kantor Kemenag Palembang Jl Ahmad Yani, Plaju oleh Kakanwil Kemenag Sumsel Drs H Najib Khaitami MM dan dihadiri undangan lainnya.

Siskohat online ini, nantinya melayani pendaftaran calon jemaah Haji (CJH) secara langsung dan tidak bisa diwakili. CJH langsung diambil sidik jari dan pengambilan foto, layaknya seperti membuat Surat Izin Mengemudi (SIM).

Hal ini dibenarkan Kabid Penyelenggara Haji, Zakat dan Infak Kemenag Sumsel, Drs H Udin Djuhan MM. Menurutnya, Siskohat online memberikan kemudahan bagi calon jemaah haji, dan tidak lagi repot menyiapkan kebutuhan foto dengan berbagai ukuran, seperti yang selama ini dipakai saat pendaftaran haji.

"Lebih mudah dan praktis. Pendaftaran haji ke Siskohat tidak lagi bisa diwakilkan. Jemaah calon hajinya harus benar-benar datang," katanya.

Dijelaskan, saat datang ke petugas Siskohat, calon jemaah haji wajib menunjukan buku tambungan setorang awal Rp 25 juta dari Bank Penerima Setoran (BPS). Selanjutnya, petugas Siskohat akan memasukan data setiap calon jemaah haji secara online dan mengambilan sidik jari dan foto.

Setelah itu, petugas Siskohat akan mencetak lembar Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH) ke calon jemaah haji. Selanjutnya, surat ini kembali diserahkan ke bank. Dari SPPH inilah, petugas bank akan memasukan tabungan jemaah haji ke rekening setoran awal Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH), dan saat itu juga calon  jemaah haji mendapatkan nomor porsi haji.

"Inti pelayanan Siskohat online adalah pendaftaran tidak bisa  diwakilkan dan pengambilan foto serta sidik jari secara langsung," katanya.
Penulis: Husin
Editor: Soegeng Haryadi

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas