Selasa, 23 Desember 2014
Sriwijaya Post

Baru 8 Bulan Sisno Diganti

Senin, 19 Oktober 2009 09:51 WIB

JAKARTA, SRIPO — Mutasi besar-besaran dilakukan di lingkungan Mabes Polri. Berdasarkan telegram rahasia bernomor TR/547/X/2009 tanggal 17 Oktober 2009, Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri mengganti beberapa Kepala Polisi Daerah serta pejabat polri baik di jajaran Mabes Polri dan juga Polda.

 Kapolda yang diganti yakni Kapolda Sumsel Irjen Sisno Adiwinoto. Sisno, baru bertugas 8 bulan di Polda Sumsel, secara mendadak diganti. Ia dipercaya menjadi staf pada staf ahli Kapolri. Jabatan lama akan ditempati oleh Irjen Hasyim Irianto.

 Sisno digantikan oleh Irjen Pol Hasyim Irianto yang sebelumnya menjabat Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial Ekonomi. Selain Sisno lima Kapolda juga diganti. Kapolda Papua Irjen Pol FX Bagus Ekodanto digantikan Kapolda Sulut Brigjen Pol Bekto Suprapto.

 Posisi Kapolda Sulut akan diisi Brigjen Pol Hertian AY, yang sebelumnya menjadi Direktur D Baintelkam Polri. Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Bachrul Alam akan mengisi posisi baru sebagai staf ahli Kapolri.

 Anton digantikan Brigjen Pol Pratiknyo yang sebelumnya menjabat sebagai Wakaba Intelkam Polri. Kapolda Lampung Brigjen Pol Ferial Manaf juga menempati pos baru sebagai Wakabaintelkam Polri. Posisinya digantikan oleh Direktur Ekonomi Khusus (Direksus) Bareskrim Polri Brigjen Pol Edmon Ilyas. Posisi Edmon, akan ditempati oleh Wadir Tipikor Bareksrim Polri Kombes Pol Raja Erisman. Kapolda Kalteng Brigjen Pol Syamsurizal digantikan Brigjen Pol M Darmanus J.

 Tour of Duty Wakil Kadiv Humas Mabes Polri Brigjen Pol Sulistyo Ishak saat dikonfirmasi Sripo melalui telepon tadi malam membenarkan mutasi ini.

 “Ya benar, alasannya tour of duty dan tour of area serta penyegaran, beberapa orang kapolda ada yang sudah masuk masa pensiun,” katanya.

Namun menurut jendral bintang satu ini, Sisno belum masuk masa pensiun.

“Ia baru pensiun tahun tahun depan,” katanya.

 Irjen Pol Sisno Adiwinoto ditunjuk sebagai Kapolda Sumsel lewat surat keputusan Kapolri tertanggal 24 Januari (Kep/24/1/2009, red) lalu. Ia dimutasi dari jabatannya sebagai Kapolda Sulsel.

 Setelah keputusan itu, Sisno baru dilantik oleh Kapolri Bambang Hendarso Danuri, pada 4 Februari. Ia pun tiba pertama kali di Palembang pada 17 Februari. Jika dihitung masa jabatan Sisno ini cukup singkat, hanya delapan bulan.

 Menurut Sulistyo, masa delapan bulan itu tak bisa dibilang singkat. “Jika di Polri, waktu delapan bulan menjabat sebagai Kapolda itu sudah terhitung lama. Jadi tak benar juga jika dikatakan singkat,” katanya lagi.

 Sayang upaya Sripo untuk menghubungi Irjen Pol Sisno Adiwinoto hingga pukul 21.00 semalam tak ada jawaban. Sementara Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Abdul Goofur juga belum bisa memberikan komentar.

 “Senin nanti saya akan bicara langsung dengan kawan-kawan wartawan,” katanya.

Kapolda Jawa Timur Irjen Anton Bachrul Alam dimutasi menjadi staf ahli Kapolri bidang sosial ekonomi, penggantinya Brigjen Pratiknyo yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Intelkam Polri. Kapolda Papua Irjen Bagus Ekodanto dimutasi menjadi Pati Mabes Polri dalam rangka pensiun. Bagus digantikan oleh Kapolda Sulut Brigjen Bekto Suprapto.

 Untuk di jajaran reserse, Kapolri mengganti Direktur Ekonomi dan Khusus Brigjen Edmon Ilyas. Selanjutnya Edmon dipromosikan menjadi Kapolda Lampung. Jabatan yang ditinggalkan diisi oleh Wadir Tipikor Bareskrim Kombes Raja Erizman.

 Posisi Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya juga mengalami pergeseran, pejabat lama Kombes M Iriawan dipindah menjadi Wakil Direktur Keamanan Trans Nasional Bareskrim. Posisi Direskrimum Polda Metro akan diisi oleh Kapolres Jakarta Barat Kombes Idham Azis.

Jabatan Juru Bicara Polda Metro Jaya juga berganti, Kombes Chrysnanda Dwi Laksana diangkat dalam jabatan baru sebagai Direktur Lalu Lintas Polda Riau Penggantinya Kombes Boy Rafli yang sebelumnya Kapoltabes Padang.(cr3/KC)

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas