Menulis di Beras, Rani Pecahkan Rekor Muri

PALEMBANG, SRIPOKU.COM - Setelah 4,5 jam dengan penuh kesabaran dan ketelitian, akhirnya Meliana Pancarani lebih populer Rani, berhasil memecahkan rekor ke 4.752 Museum Rekor Indonesia (Muri) setelah menulis cerita terbentuknya Pulau Kemarau dan kisah cinta Siti Fatimah-Tan Bun An dengan aksara Cina di 1.000 butir beras. Dalam penulisannya, istri Andre Manan ini tidak menggunakan kaca pembesar.

Sebelum penulisan, Kamis (17/2/2011) di Hotel Royal Asia Jl Veteran Palembang, Andre Manan dan krunya menyiapkan tempat, peralatan dan media beras yang yang akan ditulis oleh Meliana Pancarani, termasuk mengatur pencahayaan yang dibutuhkan. Beras yang dipakai produk lokal, yang disusun pada balok  yang terbuat dari lilin. Untuk satu batang balok terdapat 44 butir beras, dengan jumlah balok 33 sehingga total beras yang dipakai 1.452 butir.

Setiap balok, sudah disiapkan tempatnya yang tersusun dalam bingkai khusus tertutup lapisan kaca 1,5 inci yang sudah dipersiapkan. "Pena yang dipakai, jenisnya biasa dengan ketajaman mata 0,1 mili dan tintanya juga biasa," jelas Andre Manan.

Dari batas waktu 12 jam yang direncanakan, Meliana Pancasari menyelesaikan 4,5 jam. Tentu saja, saat melakukan penulisan, Meiliana harus beberapa kali menyeka keringatnya dan menghirup nafas panjang saat hendak menulis, tetapi saat menulis, ia pun menahan napasnya. Dari 1.452 butir beras, Rani bisa menulis 1.280 huruf atau butir beras sedang sisanya merupakan spasi.

Penulisan mulai pukul 14.00 itu, disaksikan Deputi Manager Muri Demian Awan Raharjo dan petugas Muri yang menghitung satu persatu butir beras yang digunakan. Selain dari staf Muri, aksi Meliana Pancasari disaksikan juga tokoh masyarakat Tionghua, seperti Indra Muliawan (Pemilik Hotel Royal Asia), Drs Darwis Hidayat MM, Kobar Koto (anggota DPRD Sumsel dari Partai Golkar), Thomas Sandi SE (dosen FE Unsri), Kurmin Halim SH (Direktur PT Saksi Inti Makmur sekaligus Ketua Panitia Malam Imlek Bersama 2011) dan undangan lainnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved