Selasa, 28 Juli 2015

Al Quran Setinggi 1,5 Meter di Amuntai

Sabtu, 16 Mei 2009 11:55

AMUNTAI, SABTU — Berawal dari perjalanan Khairil Ikhsan, warga Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalsel, yang berguru dengan Alhabib Muhammad Effendy Al Idrus, di Yogyakarta, warga asli Amuntai ini membawa pulang sebuah Quran kuno yang usianya sudah lebih dari 100 tahun.

Khairil berguru dengan Alhabib yang terkenal dengan sebutan Habib Muh di Yogyakarta tersebut sudah cukup lama. Suatu hari, Khairil berjalan ke sebuah masjid di Solo, di masjid tersebut terdapat sebuah Quran yang menjadi perhatian publik.

Perjalanannya ke masjid tersebut diceritakannya kepada sang guru Habib Muh, begitu juga dengan sebuah Quran kuno yang dipajang di dalam masjid dan banyak pengunjung yang memperhatikannya.

Mendengar cerita sang murid, Habib Muh akhirnya mengungkapkan sebuah rahasia, kalau dirinya juga ada menyimpan sebuah Quran kuno dari peninggalan para kyai terdahulu.

Quran yang terbuat dari kulit kayu tersebut tingginya 1,5 meter, lebar 1 meter, dan berat 85 kg, sampul depan Quran tersebut terbuat dari kulit lembu dan isinya ditulis dengan tulisan tangan.

Diungkapkan Habib Muh, Quran tersebut didapatnya dari seorang kyai di Bangil, ia diminta untuk menyimpan Quran tersebut di rumahnya.

"Usianya lebih dari 100 tahun, Quran itu sudah beberapa kali berpindah tangan, dari tangan kyai yang satu dengan kyai yang lainnya, hingga sampai kepada saya," ungkap Habib Muh waktu itu kepada Khairil.

Halaman123
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas