A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Dapur Sederhana Pengganti Ruang Tamu - Sriwijaya Post
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 31 Juli 2014
Sriwijaya Post

Dapur Sederhana Pengganti Ruang Tamu

Senin, 15 Maret 2010 14:13 WIB
Dapur Sederhana Pengganti Ruang Tamu

Dapur mungil ini ditempatkan di tempat yang tak lazim yakni di bagian depan rumah.

iDEA

SEPINTAS pandang, Anda mungkin bertanya-tanya, "Apa yang istimewa dengan dapur sederhana ini?" Meski tampak sederhana, dapur ini tidak biasa.

Kalau ditanya soal letak dapur di rumah, mayoritas orang pasti akan menjawab, di belakang. Kalaupun tidak di belakang, paling digeser ke samping. Nah, inilah keistimewaan pertama yang ditemui pada dapur di foto samping. Si empunya rumah menempatkan dapur di depan rumah, menggantikan ruang tamu. Dapur berukuran 3,2m x 2,5m ini menyatu dengan ruang makan, dan bersebelahan dengan ruang keluarga. Antara dapur dan ruang keluarga tidak ada sekat. Jadi, begitu membuka pintu utama, kita akan langsung masuk ke area dapur dan ruang keluarga.

Penempatan yang tidak biasa ini, merupakan salah satu langkah mengurangi ruangan-ruangan yang tidak diperlukan. Maklum saja, rumah tempat dapur ini berada, memiliki luas hanya 95 meter persegi. Berhubung pemilik rumah merasa tak terlalu memerlukan ruang tamu, maka area depan digunakan untuk dapur.

Selain itu, penempatan yang demikian juga membuat dapur terhubung langsung dengan area luar. Setiap bukaan yang ada memasukkan cukup sinar matahari, dan menjadi sarana sirkulasi udara yang baik. Dengan demikian, dapur pun menjadi sehat.

Tidak cukup satu keistimewaan. Tidak seperti dapur biasa, dapur ini berkonsep unfinished. Mungkin Anda memperhatikan dindingnya yang tidak dicat. Dinding dapur memang sengaja tidak menggunakan cat sebagai finishing. Bahkan tidak menggunakan batu bata sebagai material penyusunnya.

Buat rumah mungil, semakin hemat lahan akan semakin baik. Begitu pula dengan dapur ini. Sebagai ganti batu bata, pemilik rumah menggunakan papan semen sebagai dinding. Papan semen memiliki tebal hanya 5cm, sedangkan tebal batu bata adalah 15cm. Dengan demikian, sudah terjadi penghematan lahan sebesar 10cm. Tampaknya kecil kalau hanya pada satu dinding, tapi papan semen ini diaplikasikan di seluruh dinding dapur. Hitung sendiri berapa penghematan lahan yang sudah dilakukan.

Kembali ke konsep dapur sehat. Dinding papan semen ini tidak dilapisi cat, melainkan semen putih. Tidak seperti cat yang mengandung bahan kimia dan seringkali menimbulkan bau tajam, semen putih lebih aman dan tidak berbau.

Setelah mengetahui semua fakta tentang dapur ini, tidak salah, kan, kalau dapur ini disebut dapur sederhana yang istimewa?

Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas