• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 18 September 2014
Sriwijaya Post

Pembahasan Sengketa Lahan Ditunda

Rabu, 12 Januari 2011 20:56 WIB

KAYUAGUNG, SRIPO - Pertemuan antara warga Kelurahan Kedaton Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dengan manajemen dari tiga perusahaan yakni, PT Gading Cempaka Graha, PT Rambang Agro Jaya dan PT Kelantan Sakti, akhirnya ditunda setelah sempat dibuka oleh Wakil Bupati OKI, H Engga Dewata Zainal.

Pertemuam yang digelar di Kantor Pemkab OKI, Rabu (12/1) ini sedianya akan membahas protes warga tentang ketidakjelasan batas wilayah dengan tiga perusahaan tersebut.

“Pertemuan ini ditutup, karena orang-orang yang diutus perusahaan tidak bisa mengambil keputusan. Jadi percuma dilaksanakan, hanya menghabiskan waktu saja,” tegas Wabup OKI, H Engga Dewata Zainal kepada warga dan perwakilan perusahaan dan pemerintah terkait yang sudah hadir.

Menurut Engga, Pemkab OKI hanya memfasilitasi penyelesaian sengketa lahan antara warga dengan perusahaan.

“Kalau yang datang bukan orang yang bisa mengambil keputusan, maka pertemuan ini hanya sia-sia dan menghabiskan waktu saja,” ucap Engga seraya mengingatkan pertemuan mendatang supaya menghadirkan managemen perusahaan yang dapat mengambil keputusan.

Perwakilan warga Kedaton, Ibrahim alias Balak Dua Belas mengatakan, ketidakhadiran pihak perusahaan menjadi tanda tanya besar bagi warga, sebab beraninya mengesampingkan undangan pemerintah.

Koordinator lapangan, Ismail meminta Pemkab OKI agar secepatnya menjadwalkan ulang pertemuan, agar persoalan yang terjadi antara masyarakat dengan perusahaan dapat dituntaskan.

Sedangkan GM PT Gading Cempaka, H Karyana mengatakan, sebelum melakukan investasi di OKI pihaknya telah mengantongi izin lokasi seluas 10.000 Ha, namun setelah dilakukan pengukuran ulang lahan yang dapat digarap hanya 9.000 Ha.

Dari jumlah itu 35 persen di antaranya sudah dialokasikan untuk lahan plasma kendati belum diserahkan ke masyarakat. (std)

Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
57351 articles 17 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas