Kamis, 27 November 2014
Sriwijaya Post

Beasiswa Kursus Bahasa Inggris dari Kedubes AS

Jumat, 6 Mei 2011 20:15 WIB

SRIPOKU.COM, JAKARTA --- Sebagai upaya mempererat hubungan antara Amerika Serikat (AS) dan Indonesia, Kedutaan Besar (Kedubes) AS di Indonesia melalui program ACCESS America Higher Education Forum memberikan ratusan beasiswa dalam bentuk kursus bahasa Inggris kepada para pelajar usia 14-18 tahun di beberapa daerah di Indonesia.

Program ini memberikan pelajaran bahasa Inggris dasar bagi siswa-siswa dari keluarga nonelit melalui kelas kursus setelah jam sekolah layaknya ekstrakulikuler.
-- Arend Zwartjes

"Program ini memberikan pelajaran bahasa Inggris dasar bagi siswa-siswa dari keluarga nonelit melalui kelas kursus setelah jam sekolah layaknya ekstrakulikuler. Karena ini merupakan beasiswa, para siswa tidak dipungut biaya sepeser pun," kata Asisten Atase Budaya dan Pendidikan Kedutaan Besar AS, Arend Zwartjes, Jumat (6/5/2011) sore, di Jakarta.

Selain itu, siswa-siswi ACCESS juga akan diperkenalkan pada budaya dan nilai-nilai demokrasi AS. Pelatihan tersebut diharapkan menjadi upaya agar para siswa dapat berkompetisi dan berpartisipasi dalam program-program studi dan pertukaran pelajar ke AS di masa depan.

Sejak dicetuskan pertama kali pada 2004, sedikitnya 55 ribu siswa dari 70 negara telah berpartisipasi dalam program ACCESS. Di Indonesia, program ini merupakan yang terbesar di Asia dan setiap tahunnya melatih ratusan siswa dari keluarga kurang mampu di beberapa daerah di Indonesia, seperti Jakarta, Madura, Banjarmasin, Ende, Kupang, Lombok, Bengkulu, dan Jayapura.

"Setiap tahunnya diberikan kepada 300 anak. Mereka juga diajarkan pengetahuan tentang wawasan budaya sebagai persiapan ketika mendapatkan beasiswa ke AS," katanya.

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas